Selasa, 27 November 2018

TIPS PENTING MEMILIH UKURAN KIPAS ANGIN AC SESUAI RUANGAN


Indonesia sendiri merupakan salah satu negara tropis yang memiliki udara yang cukup panas pada siang hari. Untuk mengatasinya maka kita bisa menggunakan kipas angin ac maupun air cooler sehingga rumah kita menjadi dingin dan juga sejuk, selain kipas angin banyak masyarakat yang telah menggunakan ac sebagai salah satu benda elektronik di rumah yang bisa digunakan untuk mengatasi cuaca panas. Nah bagi Anda yang ingin membeli ac namun masih bingung harus bagaimana maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips penting memilih ukuran kipas angin ac sesuai ruangan di rumah Anda. Bagaimana tipsnya? Simak ulasannya! 

Jika salah memilih ukuran ac
 AC adalah salah satu benda elektronik yang kita gunakan untuk mendinginkan ruangan. Salah satu hal penting yang tak bisa kita abaikan dari ac adalah kita harus memilih ukuran ac yang tepat untuk ruangan kita sehingga ac bisa bekerja secara maksimal dan juga optimal. Namun sayangnya masih banyak sekali masyarakat yang mengabaikan fakta ini dan mengakibatkan mereka membeli ac apa adanya sehingga tidak sesuai dengan ukuran ruangan. Padahal memilih ukuran ac ini merupakan hal yang penting. 

Jika Anda salah memilih ukuran ac sesuai dengan ruangan maka bisa menyebabkan udara yang dihasilkan oleh ac tidak bisa mengalir dengan baik sehingga bisa menyebabkan ruangan tidak teralu dingin. Selain itu salah memilih ukuran ac bisa juga menyebabkan penggunaan listrik yang tidak maksimal dan sesuai. Anda bisa menjadi boros juga jika salah memilih ukuran ac untuk ruangan di dalam rumah Anda. Oleh karena itu pada kesempatan kal ini kami akan memberikan infromasi mengenai bagaimana cara menghitung ukuran ac untuk ruangan. 

Cara menghitung ac untuk ruangan
 Sekarang Anda sudah mengetahui apa saja akibat jika salah pilih ukuran ac untuk ruangan di rumah Anda. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberitahu informasi penting kepada Anda mengenai bagaimana tips penting memilih ukuran kipas angin ac sesuai ruangan. Bagaimana ya tipsnya? Simak ulasannya di bawah ini : 

•    Menggunakan rumus
Untuk menghitung ukuran ac untuk ruangan maka ada dua rumus yang bisa Anda ketahui. Anda bisa menggunakan rumus pertama ini untuk mengetahui berapa pk yang Anda perlukan untuk ruangan Anda. Disini rumusnya mudah ya, Anda hanya perlu menyiapkan data-data ukuran kamar Anda saja. Selain itu nantinya kami juga akan memberikan contoh sehingga Anda bisa menghitungnya di rumah. Supaya hasilnya maksimal maka kami sarankan supaya Anda menggunakan kalkulator saja ketika menghitung sehingga lebih teliti. Berikut ini adalah rumusnya :
RI : (Panjang x Lebar x Tinggi ruangan x Faktor 1 x 37) + (Jumlah orang x Faktor 2)

Catatan : Untuk faktor 1 dan juga faktor 2 diganti sesuai dengan kondisi ruangan Anda. Berikut ini adalah ketentuan untuk faktor 1 dan 2 :
-    Faktor 1
Kamar tidur = 5, living room atau kantor = 6, restoran, salon, minimarket, ruangan luas lainnya = 7.
-    Faktor 2
Orang dewasa = 600Btu, anak-anak = 300Btu.
    Contoh perhitungan ac menggunakan rumus
    Misalnya mencari ac untuk ruangan kecil seperti kamar tidur dengan panjang, lebar, tinggi adalah 3x3x2,5 yang di dalamnya bisanya digunakan untuk 2 orang dewasa. Jadi perhitunan untuk ukuran ac menjadi seperti ini :

(3 x 3 x 2,5 x 5 x 7) + (2 x 600)
= 4.162,5 + 1.200
= 5,362,5 Btu
Karena didapatkan hasil sebesar 5,362,5 Btu maka ac yang digunakan cukup menggunakan ac ½ pk saja. Untuk mengetahui Btu pada ac maka berikut adalah infromasinya :
½ PK = Btu ~ 5000
¾ PK = Btu ~ 7000
1 PK = Btu ~ 9000
1.5 PK = Btu ~ 12000
2 PK = Btu ~ 18000
2.5 PK = Btu ~ 24000
Itu tadi beberapa infromasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai tips penting memilih ukuran kipas angin ac sesuai ruangan. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya!

0 komentar:

Posting Komentar